Tanaman Hias Tahan Panas Untuk Iklim Tropis

Tanaman Hias Tahan Panas sangat cocok bagi anda yang ingin memperindah rumah namun mempunyai sedikit waktu untuk merawatnya. Dan pertanyaan yang sering muncul ialah : Apa itu tanaman hias? Bagaimana Cara merawat tanaman hias? dan Apa saja tanaman hias yang kuat dan bertahan dalam cuaca panas? Oleh karena itu, berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam menyelesaikan semua masalah yang sedang anda alami.

Mengenal sepintas mengenai tanaman hias adalah sebuah tumbuhan yang membawa keindahan entah itu merambat atau menjalar, perdu, semak dan bisa diletakkan ditempat tertentu seperti dalam ruangan (Indoor), halaman, taman, dan tempat lain seperti yang diinginkan. Umumnya Tanaman hias dipilih karena berbunga cukup indah serta mempunyai aroma yang khas dan menyegarkan.
Tanaman Hias Tahan Panas Untuk Iklim Tropis
Kembali pada topik bahasan, Bagaima cara memilih tanaman hias yang tahan panas? Mungkin tips berikut bisa berguna bagi anda :
  1. Periksa dan raba permukaan daun, pada kebanyakan tanaman, jika permukaan halus dan bentuk daun tebal, maka tumbuhan ini mempunyai lebih banyak kandungan air sehingga sangat tahan akan cuaca panas.
  2. Amati bentuk dan ukuran bunga, pada bagian ini jika bunga mempunyai ukuran yang kecil, maka bisa dipastikan bahwa tanaman ini kuat akan kekeringan.
Nah jika anda sudah mengetahui ciri-ciri mengenai cara memilih tanaman hias yang tahan akan panas / kekeringan, untuk topik selanjutnya, kita akan kembali pada bahasan yang tercantum pada judul, hal ini tentunya akan sangat membantu anda dalam melakukan perawatan serta memilih bentuk bunga sesuai dengan kehendak anda. Dan untuk menyingkat waktu, dibawah ini sudah kami persiapkan beberapa nama tanaman hias tahan panas yang sangat cocok untuk iklim tropis.

Kamboja
Pada habitat aslinya, bunga kamboja sangat jarang sekali disiram. Sebab kemampuan bertahan tanaman ini sangat kuat. Daun dan kulit yang tebal, mampu membuat tanaman ini mempunyai simpanan air yang cukup pada musim panas. Sering juga kita mendapatkan tanaman bunga kamboja ini menggugurkan daunnya sebagai bentuk pertahanan terhadap panas matahari dan kekeringan.

Kaktus
Pohon ini sangat umum kita dapat pada gurun pasir. Dengan duri sebagai pengganti daun, maka penguapan dalam mengolah makanan akan diminimalisir. Batang tebal dengan kandungan air sangat cukup besar. Cocok untuk bonsai dan ditanaman pada pot. Bentuk bunga juga tidak kalah, serta terdapat keunikan juga didalamnya.

Lidah Mertua
Banyak sekali yang memanfaatkan tanaman ini sebagai hiasan yang mempuyai keindahan tersendiri. Selain sebagai tumbuhan hias, lidah mertua juga berkemampuan sebagai obat alami. Jadi dengan mempunyai bunga ini dirumah, maka keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda.

Bugenvile
Bunga yang lebih dikenal dengan bunga kertas ini sangat cocok untuk daerah yang mempunyai curah hujan sedikit. Batang yang keras dan daunnya hijau yang lumayan tebal, membuat pohon ini bertahan cukup baik dalam cuaca panas. Selain sebagai hiasan, bugenvile mempunyai daun cukup rimbun sehingga mampu meneduhkan dan menyejukkan tempat tinggal anda.

Palem
Tumbuhan ini banyak ditemukan dipinggir jalan raya, perumahan dan halaman rumah sebagai tanaman hias. Pohon ini boleh dibilang lumayan tinggi dan jika sudah maksimal, maka air yang dibutuhkan sangat minim. Hal ini bisa didapat ketika akar sudah menjalar dengan maksimal pada tanah.

Beringin
Umumnya pohon ini dianggap seram, banyak didapat pada daerah taman pemakaman. Namun kemampuan bertahan yang cukup baik, menjadikan beringin sebagai salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk bonsai. Bentuk pohon dan daun perdu, sehingga memberi kesan sejuk dan mendamaikan.

Cemara
Tanaman ini banyak ditanamn di pinggir jalan raya atau juga pinggir rumah. Bentuk perawakan sangat tinggi dengan kelopak daun kecil dan tebal. Selain tahan akan cuaca dingin, sebaliknya cukup baik untuk daerah yang kekeringan (minim air).

Lili Paris
Tanaman hias bunga yang sering ditanamn di pot dan digantung ini boleh dibilang sangat kuat akan kekeringan. Bentuk daun yang menjuntai, lebih menarik dan mungkin bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk ditanam dirumah.

Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin kami sebutkan, namun mungkin beberapa tanaman hias tahan panas diatas sudah kami anggap cukup.

Cara sederhana merawat tanaman hias tahan panas diatas :
# Usahakan ditempatkan pada area yang cukup cahaya / sinar matahari.
# Untuk melembabkan tanah, penyiraman bisa dilakukan 1 minggu 1x.
# Buang dan kelupas bagian daun yang sudah kering.
# Penanaman bisa dilakukan dengan batu bata yang dihaluskan / mencampur batu.
# DLL.

Demikian bahasan Tanaman Hias Tahan Panas Untuk Iklim Tropis, semoga bisa membantu!